• INFORMASI & PENDAFTARAN
  • (0274) 586688 & 562246
Cari Dokter Berdasarkan Klinik
Cari Dokter Berdasarkan Nama
Jadwal Dokter
 

Artikel

TUA TAK HARUS RENTA- TAMAN LANSIA CERIA BETHESDA PAKEM

Admin | 3 Februari 2022 | 355

 TUA TAK HARUS RENTA

 
Menjadi tua apakah membuat kita takut dan merasa renta tak berdaya? Kapan kita dinyatakan tua atau lanjut usia? Nah, menurut World Health Organization (WHO), dikatakan Lanjut Usia (Lansia) adalah seseorang yang berusia 60 tahun atau lebih, yang secara fisik pasti sudah terlihat berbeda dengan kelompok umur lainnya. Perubahan dan masalah yang terjadi pada lansia seiring dengan proses penuaan seperti penurunan fungsi biologis, psikologis, sosial, maupun ekonomi. 
 
Lansia merupakan daur hidup manusia yang pasti dialami setiap orang. Pada kenyataannya jika kita mendengar kata lansia, maka yang terbersit dibenak kita adalah seorang yang tak berdaya dan renta. Hal ini yang menggugah kita bersama untuk menyerukan kepada generasi muda untuk mulai menjaga kesehatannya sejak dini. Sehingga disaat menua akan lebih siap secara fisik dan mental yang dapat mempengaruhi kualitas hidup selanjutnya. Kualitas hidup selaras dengan adanya kesejahteraan hidup karena kesejahteraan hidup Lansia yang baik akan meningkatkan pula kualitas hidup lansia karena proses penuaan tersebut membuat perubahan dan penurunan fungsi yang dialami lansia dapat mengurangi kualitas hidup lansia secara progresif. Dengan adanya permasalahan yang dihadapi oleh lanjut usia tersebut, maka perlu adanya sikap kepedulian baik itu dari pemerintah, masyarakat, maupun dari keluarga lanjut usia itu sendiri. Salah satu program untuk mencegah terjadinya stress pada lanjut usia dengan melakukan pemberdayaan lanjut usia dengan aktivitas rekreasi.
 
Lansia yang mempunyai kualitas hidup lebih baik akan mampu meningkatkan  produktivitas, mempunyai semangat dan kesejahteraan yang tinggi dalam  kehidupannya. Rendahnya  kualitas hidup  lansia  biasanya  terkait  dengan  fungsi keluarga, dukungan sosial, dukungan sosial pasangan, dukungan  sosial  masyarakat  dan dukungan keluarga. Dukungan keluarga merupakan aspek penting dalam  membantu lansia dalam memecahkan masalah. Apa saja yang dapat dilakukan keluarga untuk dapat memberikan support secara psikologis maupun fisik pada lansia sehingga mereka dapat menikmati proses alami yang Tuhan berikan? Keluarga dapat memberikan kesempatan pada lansia untuk mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan sekitar dan membantu bergabung dalam komunitas serta memahami kebutuhan lansia secara fisik maupun psikologis. 
 
Menikmati kehidupan yang Tuhan beri dengan mengisi hari tua dengan ceria dan penuh makna. Apakah ini suatu keniscayaan? tentu tidak. Lalu kita akan berpikir, bagaimana kita menjalani masa tua tanpa harus renta? Nah, apa saja yang dapat kita lakukan untuk tetap bisa menjalani masa tua dengan tetap penuh rasa syukur?
Tips yang pertama adalah bergabung dalam suatu grup lansia di sekitar lingkungan ataupun komunitas terdekat, yang kedua dengan mengikuti kegiatan yang menjadi passion sebagai contoh bernyanyi, menyulam, menggambar, dan melakukan olahraga ringan seperti senam dan yoga lansia dan yang ketiga, membaca artikel yang bermanfaat baik artikel kesehatan, gaya hidup maupun hobi. 
Tips ini bisa diaplikasikan melalui kegiatan lansia dalam menyerukan individu mampu menjadi lansia yng aktif, mandiri dan produktif.

Rumah Sakit Bethesda yang menjadi bagian dalam mewujudkan dan meningkatkan kesehatan masyarakat, kembali tergelitik untuk mendukung kualitas hidup lansia dengan menyediakan tempat aktivitas lansia. Ini akan menjadi salah satu tempat aktivitas wisata lansia di Yogyakarta yaitu Taman Lansia Ceria Bethesda Pakem. Taman ini berada di bawah kaki gunung Merapi dengan lahan yang luas, sejuk dan nyaman, menawarkan pesona alam pepohonan hijau nan rindang, ditawarkan untuk keluarga, kelompok maupun masyarakat umum.

Taman Lansia Ceria Bethesda ini menjadi salah satu pengembangan layanan Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta sebagai bagian dari program wellness. Apakah program wellness itu? Program yang menyajikan berbagai kegiatan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup ke arah yang lebih baik.

 

Layanan wisata sehat dan asik  ini mengajak pengunjung menikmati wisata dengan cara yang berbeda. Beberapa kegiatan wisata lansia ceria ini yaitu yoga, pemeriksaan kesehatan fisik maupun mental, serta aktivitas kesenian seperti menyanyi, melukis, menyulam dan lain sebagainya sambil menikmati nutrisi penuh gizi yang disediakan sebagai bentuk perhatian pada lansia. 

 

 


Taman Lansia Ceria Bethesda menawarkan beberapa paket layanan sebagai pilihan disesuaikan dengan kebutuhan para lansia maupun kelompok lansia.

Paket Ceria Teduh meliputi pemeriksaan tekanan darah, menikmati bubur kacang ijo dan wedang jahe/teh, Paket Ceria Senyum meliputi pemeriksaan tekanan darah, yoga ceria, dan menikmati bubur kacang ijo dan wedang jahe/the, Paket Ceria Tawa meliputi pemeriksaan tekanan darah, yoga ceria, menikmati bubur kacang ijo, wedang jahe/the dan pemeriksaan dokter umum, Paket Ceria Ngakak meliputi pemeriksaan Gula Darah sesaat dan asam urat, makan bubur kacang ijo, wedang jahe/teh, pemeriksaan dini kesehatan jiwa, konsultasi dokter umum, aktivitas ceria (melukis, menyanyi, menyulam), makan siang ceria.

Bertepatan dengan Hari Lansia Internasional tanggal 1 Oktober 2021 sekaligus memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2021 yang lalu, Rumah Sakit Bethesda dan Yakkum (Yayasan Kesehatan untuk Kesehatan Umum) mengambil momentum ini untuk launching layanan baru ini.  Rumah Sakit Bethesda mengundang komunitas lansia di sekitar untuk bergabung dalam kegiatan ini dan mengenalkan layanan ini. Kelompok lansia yang mengikuti kegatan ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari berbagai variasi umur, mulai yang paling muda usia 60 tahun dan yang paling tua usia 80 tahun.

Kegiatan ini diawali dengan melakukan pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan Gula Darah sesaat dan asam urat serta konsultasi dengan dokter umum maupun pemeriksaan mental dilanjutkan yoga ceria selama 30 menit, menikmati bersama bubur kacang hijau dan wedang jahe yang hangat, serta  kegiatan menyanyi dan melukis. Acara ini dimulai pukul 07.00 sampai 11.00 dan diikuti dengan antusias oleh para lansia.

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan di Taman Lansia Ceria Bethesda Pakem Yogyakarta tanggal 11 Oktober 2021.

 

Lansia bukan hanya sebagai orang yang dituakan dan dihormati, tetapi dapat berperan sebagai agen perubahan di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar dengan berbagi pengalaman hidup dan tips kesehatannya.  

Tua pasti, renta tak berdaya bukan pilihan. Nikmati setiap jengkal kehidupan yang Tuhan anugerahkan sehingga tetap dapat berkualitas dan dapat menjalaninya dengan penuh sukacita. Selamat menjaga kesehatan sejak muda dan songsong masa tua dengan penuh gairah dan harapan baru yang ceria. 

Tuhan Memberkati.

JAM BERKUNJUNG

*Pagi 10.00 - 12.00 WIB | Sore 16.00 - 19.00 WIB
(*Pagi khusus Sabtu / Minggu / Libur)

- Selama masa pandemi jam berkunjung ditiadakan -