• INFORMASI & PENDAFTARAN
  • (0274) 586688 & 562246
Cari Dokter Berdasarkan Klinik
Cari Dokter Berdasarkan Nama
Jadwal Dokter
 

Artikel

Nutrisi Promil Yang Wajib Dipenuhi

Admin | 15 Maret 2022 | 298

Nutrisi Program Hamil Yang Wajib Dipenuhi

Apakah Anda sedang menjalankan program hamil? Mari kita simak, makanan apa saja yang harus dipenuhi selama menjalani program hamil? Dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan mengatur diet pra kehamilan akan sangat membantu meningkatkan kesuburan serta mempersiapkan tubuh agar siap mengandung sang buah hati kelak. 

Asam Folat

Asam Folat  wajib dikonsumsi untuk memenuhi kecukupan gizi hariannya sebesar 400 mcg/hari. Pembentukan jaringan saraf terjadi pada 8 minggu pertama kehamilan, maka dari itu penting untuk rutin konsumsi makanan tinggi Asam Folat sejak dari masa promil. Asam folat banyak dikandung dalam hati ayam, hati sapi, alpukat, buah bit, bayam hijau, kacang kedelai, kacang hijau. kekurangan asam folat pada kehamilan dapat menyebabkan anencephay dan spina bifida pada bayi. 

Anencephaly adalah salah satu jenis cacat tabung saraf yaitu otak, tengkorak, dan kulit kepala bayi tidak berkembang di dalam rahim. Spina Bifida adalah kelainan pada saraf dan tulang belakang tidak terbentuk secara sempurna pada bayi sejak lahir.

 Zat Besi

Kebutuhan zat besi untuk wanita usia 19 – 49 tahun adalah 18 mg/hari. Kurangnya asupan zat besi akan menyebabkan anemia yang bisa membahayakan ibu dan bayi. Kemenkes RI tahun 2018 mempublikasikan angka kejadian anemia di Indonesia terutama pada wanita usia subur masih tinggi yaitu sebesar 48,9%. Zat besi sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah serta berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Saat hamil, produksi sel darah merah harus meningkat agar, menyokong tumbuh dan kembang janin melalui plasenta. Makanan sumber zat besi yang dapat dikonsumsi adalah hati, daging merah, dan sayur-sayuran hijau. Namun perlu diingat tingkat penyerapan besi dari sayuran hijau tergolong lebih rendah dibandingkan dari sumber zat besi yang berasal dari makanan hewani.

Kalsium dan Vitamin D

Dari beberapa studi, memperlihatkan bahwa wanita dengan level vitamin D yang cukup lebih mudah untuk hamil. Studi lain juga menunjukkan adanya dampak positif dari hal kesuburan pada wanita yang sedang menjalani treatment bayi tabung (In vitro fertilisation). Selain itu asupan Kalsium juga penting, karena berkaitan dengan mengurangi risiko terjadinya preeklamsia dan eklamsia (keracunan kehamilan). Makanan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D adalah kuning telur, minyak ikan, margarin, krim. Sedangkan untuk kalsium, perbanyak konsumsi yoghurt, ikan teri, keju, dan olahan susu lainnya. 

Zinc/Seng

Zinc adalah salah satu mineral yang baik untuk kesuburan pria, yaitu bermanfaat untuk memperbaiki kualitas sperma  (jumlah sperma, kelincahan, dan kesempurnaan bentuk sperma). Bagi ibu, kekurangan zinc dapat mengakibatkan plasenta tidak berkembang dengan sempurna atau bahkan mengalami placenta abruption (plasenta yang lepas dari dinding rahim). Defisiensi Zinc ringan, dihubungkan dengan kejadian BBLR (Berat Badan Bayi Lahir Rendah) dan persalinan prematur. Sedangkan pada ibu yang mengalami kekurangan Seng yang sudah parah dapat menyebabkan kelainan congenital pada bayi hingga keguguran. Zinc bisa didapatkan di dalam daging merah, hati, kerang dan telur.

Vitamin E 

Fungsi vitamin E ini adalah sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel telur dan sel sperma dari radikal bebas. Vitamin E banyak terdapat dalam biji-bijian seperti biji bunga matahari dan almond. Selain itu vitamin E bisa didapat juga dalam minyak tumbuh-tumbuhan seperti minyak jagung, minyak kacang kedelai, minyak kelapa sawit dan margarin.

Nah, penuhi nutrisi calon ayah dan ibu agar program hamil anda berjalan dengan baik dan sukses. Salam sehat selalu. 

dr TA Ririel Kusumosih, Sp.OG melayani promil :

Klinik Obsgyn (Kandungan)  :  Senin – Rabu – Jumat   Pukul 09.00 – 11.00

Klinik Kartini (Kandungan)    :  Senin – Selasa – Rabu – Kamis - Sabtu  Pukul 13.00 – 14.00

                                               Jumat  Pukul 13.00 – 15.00

 

 

JAM BERKUNJUNG

*Pagi 10.00 - 12.00 WIB | Sore 16.00 - 19.00 WIB
(*Pagi khusus Sabtu / Minggu / Libur)

- Selama masa pandemi jam berkunjung ditiadakan -