• INFORMASI & PENDAFTARAN
  • (0274) 586688 & 562246
Cari Dokter Berdasarkan Klinik
Cari Dokter Berdasarkan Nama
Jadwal Dokter
 

Artikel

80 Cegah Stroke, apa itu ?

Admin | 1 April 2022 | 163

Tips “80” untuk Cegah Stroke

Dr. dr. Rizaldy Pinzon, MKes, SpS - RS Bethesda/ FK UKDW Yogyakarta

 

Faktor risiko gangguan pembuluh darah jantung dan otak yang uatam adalah usia tua, hipertensi, diabetes, merokok, dan kadar kolesterol darah yang tinggi. Tips “80” adalah suatu tips yang mudah diingat untuk menghindarkan kita dari penyakit pembuluh darah dan jantung sejak dini.

       1. Tekanan darah diastolik di angka 80 mmHg

Seseorang dinyatakan menderita hipertensi bila tekanan darahnya diatas 140/ 90 mmHg. Angka 90 merupakan tekanan darah diastolik. Tekanan darah diastolik diatas 90 mmHg secara konsisten dihubungkan dengan peningkatan kematian akibat penyakit jantung dan stroke.

       2. Kadar gula darah di sekitar angka 80 mg/dL

Kadar gula diatas 140 mm/ dL pada saat tidak berpuasa harus dicurigai sebagai suatu diabetes mellitus. Bila kadar gula darah puasa 100-125 mg/dL dikatakan sebagai gangguan toleransi glukosa. Pertahankan kadar gula darah anda pada angka 80 mg/ dL untuk mencegah pembentukan plak pada dinding pembuluh darah. 

       3. Kadar kolesterol LDL di angka 80 mg/ dL

          Kolesterol LDL disebut sebagai ”kolesterol jahat”, yang membawa kolesterol dari hati ke dalam sel. Jumlah kolesterol LDL                  yang tinggi akan menyebabkan penimbunan kolesterol di dalam sel. Penelitian membuktikan bahwa penurunan kadar LDL                dibawah 100 mg/dl secara signifikan mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung,

      4.  Kadar kolesterol HDL mendekati  angka 80 mg/ dl

Kolesterol HDL sering pula disebut sebagai ”kolesterol baik”, yang membawa kolesterol dari sel ke hati. Kadar HDL yang   rendah memacu munculnya proses atherogenik (pembentukan plak di dinding pembuluh darah arteri).

      5.  Pertahankan lingkar perut <80 cm pada perempuan, dan < 90 cm pada laki-laki

           Lingkar perut yang berlebih (pada ras asia : > 90 cm pada laki-laki, dan > 80 cm pada perempuan) secara signifikan                           meningkatkan risiko stroke sampai dengan 2 kali lipat.

      6.  Jauhkan rokok dari anda minimal 80 meter

           Ukuran 80 meter janganlah diartikan secara harafiah, namun dipahami untuk selalu menghindari rokok. Rokok merupakan                 faktor risiko stroke dan penyakit jantung yang paling konsisten.

 

 

 

JAM BERKUNJUNG

*Pagi 10.00 - 12.00 WIB | Sore 16.00 - 19.00 WIB
(*Pagi khusus Sabtu / Minggu / Libur)

- Selama masa pandemi jam berkunjung ditiadakan -